Istilah Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket Adalah

Istilah Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket Adalah

Bounce Pass atau umpan pantul adalah teknik mengoper bola dengan cara dilempar dengan gerakan yang sama dengan Chest Pass namun ditujukan ke lantai. Ia harus dilempar cukup jauh sehingga bola memantul setinggi pinggang ke penerima. Agar berhasil menyelesaikan operan pantul, satu pemain harus memantulkan bola dari lapangan ke pemain lain di tangan timnya. Bola hanya boleh memantul sekali dan tidak boleh disentuh oleh pemain bertahan mana pun dalam perjalanannya ke pemain lain.

Overhead pass dalam bola basket adalah ketika pemain melempar bola dengan kedua tangan dimulai dari belakang kepala dan melepaskan bola ke depan. Overhead pass sering digunakan sebagai outlet pass. Bawa bola tepat di atas dahi dengan kedua tangan di sisi bola dan ikuti terus. Bidik dagu rekan setimnya. Beberapa pelatih menyarankan untuk tidak membawa bola ke belakang kepala, karena itu bisa dicuri dan butuh sepersekian detik lebih lama untuk melempar operan.

Melangkah di sekitar pertahanan dengan kaki non-pivot. Mengoper bola dengan satu tangan (tangan luar). Ini dapat digunakan sebagai umpan udara atau bouncing. Kamu akan sering melihat wrap-around, air pass di perimeter dan wrap-around, bounce pass untuk membuat entri ke dalam pos.

Baseball pass adalah operan satu tangan yang menggunakan gerakan yang sama seperti lemparan baseball. Ini sering digunakan untuk membuat umpan panjang. Baseball pass bergerak di udara atau memantul di lantai dalam perjalanannya ke rekan setimnya. Pemain menggunakan satu tangan untuk melempar bola bisbol alih-alih dua tangan biasa.

Dribble pass digunakan untuk mengoper bola dengan cepat dengan satu tangan terlepas dari dribble. Ini bisa berupa operan udara atau pantulan.

Behind-the-Back Pass adalah saat kamu membungkus bola di sekitar punggung untuk melempar bola. Ini digunakan untuk menghindari bek saat melakukan operan di depan akan berisiko. Ini juga dapat digunakan untuk melempar bola ke pemain yang tertinggal saat istirahat cepat.

Ini adalah operan yang digunakan ketika bek melakukan double-team atau mengaktifkan pick and roll. Jika menggiring bola ke kanan, sisi kiri menghadap sasaran dan kamu membawa bola ke atas dari sisi kanan untuk melempar bola ke atas ke screener yang telah menggelinding ke keranjang atau melompat ke perimeter. Umpan digunakan untuk melindungi bola dari pemain bertahan, dan berkali-kali dilempar dengan gaya "hook shot". Pemain tingkat lanjut dapat melakukan ini sambil sedikit menjauh dari bek.

Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!

Basket Adalah Permainan Bola Besar Dimana Permainan Ini Dapat Dilakukan Di Dalam Ruangan

1. Approach stop merupakan langkah pendekatan.

2. Assist merupakan umpan untuk timnya agar mendapat poin.

3. Back door adalah pintu belakang.

4. Back court adalah berada di belakang area pertandingan.

5. Ball handler yakni kemampuan pemain dalam mengontrol bola.

6. Base line adalah pemain yang berada di belakang area pertandingan.

7. Behind the back pass adalah gerakan mengoper bola dengan cara melempar dari belakang ke tim.

8. Blocking yaitu pemain bertugas untuk membendung bola basket.

9. Change of pace adalah berubahnya langkah kaki.

10. Change of direction yaitu berubahnya arah pergerakan pemain.

11. Disqualified player yakni seorang pemain didiskualifikasi.

12. Double dribble adalah pelanggaran karena pemain menggunakan dua tangan.

13. Drag step merupakan pemain menggiring bola lalu ditarik untuk mendapatkan ruang kemudian shoot.

14. Dribling adalah pemain menggiring bola.

15. Drill adalah latihan yang dilakukan secara berulang-ulang.

16. Field goal attemted adalah kondisi pemain melompat dengan menjadikan kedua kaki sebagai tumpuan dan posisi tangan berada di belakang kepala.

17. Field goals made adalah tembakan yang berhasil.

18. Field goal percentage merupakan persentase shooting saat pertandingan.

19. Zone defense adalah istilah area pertahanan dalam bola basket.

Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang bersangkutan dengan suatu data, dan statistik merupakan data itu sendiri.

Sekitar satu tahun ke belakang, saya melakukan sosialisasi tentang pentingnya statistik dalam olahraga bola basket. Saya melakukan sosialisasi melalui beberapa kanal, seperti: Mainbasket, Instagram, YouTube, dan kelas-kelas yang disebut “Kelas Cenayang”.

Dalam perjalanan saya melakukan sosialisasi, terdapat masalah dasar yang dihadapi, yaitu terdapat para pecinta basket yang belum bisa membaca box score. Hal itu terjadi karena mereka belum mengerti tentang istilah di dalam box score. Atas dasar masalah tersebut, saya ingin membantu para pecinta basket untuk mengenal istilah yang ada di box score.

FGA (Field Goal Attempted)

Upaya tembakan langsung ke ring yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan untuk menghasilkan angka.

FGM (Field Goal Made)

Upaya tembakan yang berujung dengan produktivitas angka. FGA dan FGM hanya menghitung variabel dari area dua angka dan tiga angka, tidak termasuk menghitung variabel tembakan gratis atau free throw (FT)

FG% (Field Goal Percentage)

Persentase keberhasilan tembakan yang berujung dengan produktivitas angka (FGM) dibanding upaya tembakan yang dilakukan (FGA).

2 Points M/3 Points M (2 Points Made/3 Points Made)

Produktivitas angka yang dihasilkan di area dua angka atau tiga angka.

2 Points A/3 Points A (2 Points Attempt/3 Points Attempt)

Upaya tembakan langsung ke ring yang dilakukan di area dua angka atau tiga angka.

FTA (Free Throw Attempted)

Percobaan tembakan tanpa penjagaan dari belakang garis tembakan bebas setelah seorang pemain mendapat pelanggaran dari musuh. Ada banyak cara untuk memperoleh tembakan gratis, tetapi secara umum tembakan gratis dapat diperoleh ketika seorang pemain dilanggar saat melakukan tembakan.

FTM (Free Throw Made)

Upaya tembakan bebas (FTA) yang berakhir dengan bertambahnya produktivitas angka.

FT% (Free Throw Percentage)

Persentase keberhasilan tembakan yang berakhir dengan bertambahnya produktivitas angka (FTM) dibanding dengan upaya tembakan bebas (FTA).

Merupakan total keberhasilan meraih bola pantul dari offensive rebound dan defensive rebound.

Off (Offensive Rebound)

Suatu keadaan pemain dari tim yang melakukan serangan berhasil meraih bola pantul hasil upaya tembakan (FGA) atau upaya tembakan bebas (FTA), baik itu upaya tembakan sendiri atau rekan satu tim, yang tidak menghasilkan angka.

Def (Defensive Rebound)

Suatu keadaan pemain dari tim bertahan berhasil meraih bola pantul hasil upaya tembakan (FGA) atau upaya tembakan bebas (FTA) lawan yang tidak menghasilkan angka.

Penghargaan yang diberikan kepada pemain yang memberikan umpan kepada rekan setimnya untuk diteruskan dengan upaya tembakan sehingga berakhir dengan menghasilkan angka.

Kesalahan yang dilakukan oleh pemain dari tim yang melakukan serangan sehingga berakhir dengan berpindahnya penguasaan kepada tim yang bertahan. Kesalahan ini terjadi ketika sebuah tim kehilangan penguasaan sebelum pemain melakukan upaya tembakan. Contoh dari kesalahan, yaitu 24 detik, 8 detik, dan salah mengoper sehingga bola dapat dicuri oleh lawan.

Kejadian saat pemain bertahan melakukan aksi mencuri dari pemain yang melakukan serangan sehingga menyebabkan perpindahan penguasaan.

Penghargaan yang diberikan kepada peman bertahan ketika melakukan kontak dengan pemain yang melakukan upaya tembakan sehingga pemain bertahan berhasil menahan bola dari upaya tembakan yang dilakukan oleh lawan.

Pelanggaran yang dilakukan oleh pemain atau pelatih karena melanggar aturan pertandingan bola basket.

Jika personal fouls (PF) diberikan kepada pemain atau pelatih yang melanggar aturan pertandingan bola basket, maka fouls drawn (FD) berlaku sebaliknya, yaitu pelanggaran dibebankan kepada pemain yang telah dilanggar.

Perhitungan perbedaan skor ketika pemain masuk lapangan sampai dengan meninggalkan lapangan. Perbedaan itu ditambakan hingga pertandingan berakhir, sehingga dapat dilakukan pengukuran atas dampak yang diberikan seorang pemain terhadap skor permainan saat pemain tersebut berada di lapangan.

Pengertian secara sederhana tentang efisiensi pemain dengan menghitung kontribusi yang diberikan kepada tim (points, rebounds, assists, steal, blocked shots) dikurangi dengan beban yang dibuat (turnover, field goal misses, dan free throw misses).

Produktivitas angka yang dimiliki oleh pemain melalui keberhasilan tembakan dua angka, tiga angka, dan tembakan gratis.

Istilah di atas dapat ditemukan di box score tradisional. Dengan mengetahui istilah tersebut, para pecinta basket dapat mengetahui fakta yang terjadi di lapangan berupa angka. Berdasar fakta itu, para pecinta basket dapat membuat perencanaan hingga mempresentasikan data secara tepat sasaran.

Penjelasan istilah box score juga dapat dibaca lengkap di FIBA Statisticians Manual, Basketball on Paper (Dean Oliver), dan Basketball Analytics (Christopher E. Baker dan Stephen M. Shea).

Memahami tujuan utama dalam permainan bola basket adalah memenangkan suatu pertandingan, bukan sekadar memasukkan bola ke keranjang lawan. Itu artinya, tujuan utama dalam permainan bola basket adalah mampu memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke keranjang lawan.

“Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah memenangkan suatu pertandingan,” dijelaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Secara lebih sederhana, tujuan utama dalam permainan bola basket adalah mencetak angka atau nilai untuk memenangkan suatu pertandingan. Guna bisa mencapai tujuan utama dalam permainan bola basket adalah memenangkan pertandingan, maka kerja sama tim harus benar-benar diperkuat, ada kekompakan dalam sebuah kelompok regu.

Dalam menyelesaikan tujuan utama dalam permainan bola basket adalah memenangkan suatu pertandingan atau dalam setiap misi permainan bola basket, ada aturan yang perlu ditaati atau tidak asal memasukkan bola ke dalam ring.

Permainan bola basket bisa dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor). Standar internasional permainan bola basket adalah empat babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Apa saja tujuan utama dalam permainan bola basket selain memenangkan suatu pertandingan?

Ini penjelasan tujuan utama dalam permainan bola basket yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah membuat nilai sebanyak mungkin.

2. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah melatih kerja sama tim, mengingat permainan bola basket dilakukan beregu.

3. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

4. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah memasukkan bola basket ke ring (keranjang) lawan agar meraih kemenangan.

5. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah mencegah membalas keunggulan nilai.

6. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah melatih otot karena olahraga ini mampu menggerakkan seluruh organ tubuh secara intens.

7. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah menjaga ketahanan tubuh karena gerakan saat bermain bola basket dapat membuat badan menjadi lincah sehingga mampu menjaga ketahanan tubuh.

8. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh karena basket adalah olahraga yang dilakukan antara kerja sama tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat.

9. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah meningkatkan keterampilan motorik. Setiap pemain harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini, sehingga mampu meningkatkan saraf motoriknya.

10. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah membentuk tubuh menjadi lebih tinggi karena permainan bola basket mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki.

Menggiring dalam permainan bola basket berarti memantulkan bola ke lantai dengan satu tangan sembari berlari. Hal ini bisa kamu lakukan dengan beberapa jenis teknik. Dalam basket, jenis dribbling adalah sebagai berikut:

High bounce secara sederhana diartikan sebagai teknik dribble tinggi dalam permainan basket. Bola yang dipantulkan dengan teknik high bounce idealnya mencapai ketinggian antara paha hingga sedikit di atas pinggang.

Jenis dribble ini dapat dimanfaatkan ketika pemain ingin menggerakkan bola ke atas lapangan dengan cepat. Untuk melakukan high bounce, pemain perlu menjaga tubuhnya agar tetap tegak, lalu dorong bagian atas bola jauh ke depan tubuh.

Change of pace merupakan teknik dribble yang dilakukan dengan memperlambat tempo gerakan hingga lawan mengira pemain seolah-olah akan berhenti. Teknik ini berguna untuk mengecoh lawan. Ketika pemain oposisi memberikan reaksi, pembawa bola perlu segera menambah kecepatan dan bergerak melewati lawan.

Crossover merupakan teknik dribble silang yang cocok dimanfaatkan ketika pemain bertahan dari kubu lawan mencoba untuk mencegah pergerakan pembawa bola ke sisi tertentu. Contohnya, ketika pemain lawan memblokir pergerakan ke sebelah kanan, pembawa bola dapat mempraktikkan dribble silang ke arah kiri, demikian pula sebaliknya.

Dribble jenis ini bagus untuk membangun jarak, tetapi membuat bola rentan direbut lawan. Oleh karena itu, pemain perlu menjaga bola tetap rendah ketika memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain. Pantulan bola idealnya tidak lebih tinggi dari lutut pemain.